LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA Jl. Ngeksigondo No 30, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta 01 JULI 2014 - 20 SEPTEMBER 2014

Muhammad Ridwan, Muhammad Ridwan (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA Jl. Ngeksigondo No 30, Prenggan, Kotagede, Yogyakarta 01 JULI 2014 - 20 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
COVER SIAP.rtf

Download (592kB)
[img] Text
kata pengantar etc.rtf

Download (135kB)
[img] Text
BAB 123.rtf

Download (67MB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini praktik pengalaman lapangan digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Kegiatan awal dalam PPL ini adalah observasi kelas, kelas yang diobservasi adalah kelas VIII C sebelum kenaikan kelas. Kegiatan obeservasi ini bertujuan memberikan pengalaman awal tentang situasi kelas, kegiatan yang kedua adalah persiapan, dalam persiapan ini ada yang sifatnya administratif dan persiapan yang sifatnya personal. Persiapan yang sifatnya administratif berupa konsultasi dalam penyusunan RPP yang terkait dengan materi, metode, dan media yang akan digunakan, sedangkan yang sifatnya personal adalah mempersiapkan fisik dan mental. Inti kegiatan praktik pengalaman lapangan ini terdiri dari dua yaitu praktik mengajar dan membuat administrasinya. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 9 Yogyakarta, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VIII A,B dan C sebagai kelas utama. Praktikan melakukan praktek mengajar pokok di kelas setiap hari Selasa di kelas VIII A jam ke VII (1 jam), dan kelas VIII B jam ke V (1 jam), hari Rabu jam ke III di kelas VIII C ( 2 jam) dan hari sabtu di kelas VIII A (2 jam). Hari kamis VIII C jam ke 6 (1jam) dan Jumat jam ke 3-4 (2jam). Dalam pelaksanaan PPL digunakan metode seperti diskusi, film, tanya jawab dan ppt. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan yang berupa praktik mengajar, situasi pembelajaran secara umum dapat terkendali, interaksi belajar mengajar dapat terkondisikan. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasam dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: : PPL, dan SMP Negeri 9 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 03:32
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37306

Actions (login required)

View Item View Item