HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT INTELEJENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP PANGUDI LUHUR MOYUDAN

Wiwin Winarti (2011) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT INTELEJENSI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP PANGUDI LUHUR MOYUDAN. S1 thesis, uny.

[img]
Preview
Text
wwww22.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan tingkat intelejensi secara individu dan bersama-sama dengan prestasi belajar. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Moyudan Sleman yang berjumlah 77 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April – Mei. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan instrumen berupa kuisioner, daftar nilai tes IQ dan daftar nilai ulangan harian. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar adalah kuisioner. Instrumen untuk mengukur tingkat intelejensi adalah daftar nilai tes IQ. Instrumen untuk mengukur prestasi belajar adalah daftar nilai ulangan harian siswa. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Moyudan tahun ajaran 2009/2010. dengan teknik sensus yang berjumlah 77 orang. Validitas instrumen motivasi belajar menggunakan korelasi product moment. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi bivariat dengan taraf signifikansi 5% serta analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar (rx1.y) = 0,330 dengan signifikansi 0,003, terdapat hubungan tingkat intelejensi dengan prestasi belajar (rx2.y) = 0,758 dengan signifikansi 0,000. Selain itu, diketahui juga hubungan gabungan motivasi belajar dan tingkat intelejensi dengan prestasi belajar (rx1. x2.y) = 0,775, nilai R2 = 60,1%, nilai F = 55,782 dengan signifikansi 0,000, sedangkan sumbangan efektif (SE) motivasi belajar terhadap prestasi belajar = 2,10%, sumbangan efektif (SE) tingkat intelejensi terhadap prestasi belajar = 58%, sumbangan relatif (SR) motivasi belajar terhadap prestasi belajar = 3,50% dan sumbangan relatif (SR) tingkat intelejensi terhadap prestasi belajar = 96,50

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 20 Jun 2012 08:02
Last Modified: 29 Jan 2019 13:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item