NindaAirin Gita Puspita, NindaAirin Gita Puspita (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Ninda Airin Gita Puspita_11301241029.pdf Download (26MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wadah bagi praktikan untuk menerapkan teori yang telah diterima selama di perkuliahan. Pada saat kuliah, praktikan menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini praktikan berkesempatan menerapkan teori-teori yang telah dimiliki dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekadar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Tujuan dari PPL adalah agar praktikan mampu memperoleh pengalaman dan pembelajaran bagaimana menjadi seorang guru atau tenaga pendidik yang berkualitas. Selain itu praktikan juga akan lebih memahami bahwa tugas seorang guru tidak hanya sebatas mengajar di kelas, tetapi banyak tugas yang harus dipenuhi di luar jam pembelajaran kelas. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 yang berlokasi di SMP Negeri 6 Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 2 Juli – 17 September 2014. Pada tahap persiapan, praktikan melakukan konsultasi dengan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan observasi peserta didik serta kondisi fisik sekolah. Dalam pelaksanaan PPL, praktikan melaksanakan 71 kali praktik mengajar di kelas VIII F, VIII G, IX C, IX D, dan IX G. Untuk program insidental, praktikan menyusun RPP Kelas VIII Semester I. Selain praktik mengajar, praktikan juga diwajibkan melaksanakan praktik persekolahan, yaitu mengikuti upacara bendera setiap hari Senin, berjabat tangan dengan siswa setiap pagi, menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum proses pembelajaran dan lagu Bagimu Negeri setelah proses pembelajaran, serta pendampingan kegiatan siswa. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari intern maupun ekstern. Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk pembelajaran agar kedepannya dapat menjadi lebih baik lagi. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat banyak pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga. Teori yang telah dimiliki selama perkuliahan di Prodi Pendidikan Matematika dapat berguna jika diaplikasikan dalam membelajarkan siswa di kelas. Mengajar bukanlah semata-mata memberikan materi kepada siswa. Lebih jauh lagi mengajar adalah memberikan siswa ilmu yang nantinya dapat berguna bagi kehidupan mereka. Persiapan yang optimal sangat diperlukan untuk mendukung terlaksananya proses belajar mengajar yang kondusif dan nyaman bagi siswa. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan praktikan dapat menjadi tenaga pendidik yang professional dan berkualitas
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 02:54 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37277 |
Actions (login required)
View Item |