LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA N 1 PENGASIH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

R O H M AD NURDIN, R O H M AD NURDIN (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA N 1 PENGASIH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Isi Laporan PPL.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER, hal pengesahan, daftar isi, abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu pencetaklulusan calon guru memberikan pembekalan praktis kependidikan bagi mahasiswa yaitu Program Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuan dari kegiatan PPL adalah sebagaiwahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan PPL dilakukan dengan menerjunkan mahasiswa untukmempraktekkan semua kompetensi yang telah dikuasai selama perkuliahan. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, mahasiswa terlebih dahulu menempuh kegiatanpra-PPL yang meliputi kegiatan pembelajaran mikro dan observasi sekolah. Kegiatan PPL diharapkan dapatmemberikan pengalamannyata kepada mahasiswa tentang proses mengajar dan diharapkan agar PPL ini dapat menjadi bekal bagimahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang professional pada saat memasuki dunia kerja. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berada di SMANegeri 1 Pengasih yang beralamat di Jalan KRT Kertodiningrat 41, Margosari, Pengasih, Kulon Progo, DIY, berlangsung dari tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan yang dilakukanpraktikanadalahmengajar Mata Pelajaran Geografi kelas XIIS 1 dan XI IIS 4. Adapun rancangan kegiatan PPL terdiri dari tahap persiapan PPL, observasi di sekolah, kegiatan PPL, penyusunan laporan, dan penarikan PPL. Tahap persiapan meliputi pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas dan kegiatan persiapan mengajar (koordinasikon sultasi dengan guru pembimbing, penguasaan materi, penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran dan alat evaluasi). Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan inti dari PPL yaitu pelaksanaan praktek mengajar di kelas. Praktik mengajar disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing, adapun kemampuan yang dilatih meliputi dari apersebsi, kegiatan inti, serta penutup pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa calon guru atau pendidik untuk meningkatkan serta mengembang kandiri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional,yaitu guru yang mempunyainilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing. Untuk itu laporan PPL disusun untuk mempertanggungjawabkan seluruh pelaksanaan PPL serta memberikan gambara nbagi pihak LPPMP dalam rangka memperbaiki serta mempertahankan program PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMA 1 Pengasih
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:46
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37272

Actions (login required)

View Item View Item