LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PENGASIH (Jl. KRT Kertodiningratan 41 Margosari Pengasih Kulon Progo Yogyakarta ) 1 Juli s/d 17 September 2014

BELA ISLAMI PUTRI, BELA ISLAMI PUTRI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 1 PENGASIH (Jl. KRT Kertodiningratan 41 Margosari Pengasih Kulon Progo Yogyakarta ) 1 Juli s/d 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bela.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang ada di perkuliahan Universitas Negeri Yogyakarta. Setiap mahasiswa yang mengambil program pendidikan, maka wajib menempuh mata kuliah ini. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Pengasih yang terletak di Kabupaten Kulon Progo. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman dalam proses persiapan dan pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya. Selain itu Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL) juga bertujuan agar mahasiswa mendapat bekal untuk menjadi calon pendidik. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan lebih terfokus di kelas XI IIS 3, selain itu juga di beberapa kelas dalam waktu yang tidak di wajibkan. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 1 Pengasih ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa pengalaman, penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di dalam bidang Pendidikan bahasa Jerman yang diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL. Akhir kata, Penyusun berharap supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan LPPMP UNY tetap terjaga dengan baik. Sehingga pada tahun-tahun berikutnya mahasiswa program pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta masih memiliki kesempatan untuk melaksanakan Praktik Pengajaran Lapangan di SMA N 1 Pengasih.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37263

Actions (login required)

View Item View Item