LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA

Sri Handayani, Sri Handayani (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AWAL (COVER, LEMBAR PENGESAHAN, DAFTAR ISI, LAMPIRAN, ABSTRAK.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penulisan laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 6 Yogyakarta mempunyai tujuan yaitu untuk menggambarkan hasil dari kegiatan PPL di SMP Negeri 6 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib tempuh yaitu sebanyak 3 SKS berupa kegiatan intrakurikuler yang wajib lulus bagi setiap mahasiswa Strata 1 (S1) yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dan beberapa Perguruan Tinggi lainnya saat ini. Kegiatan PPL ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari ilmu yang diperoleh dibangku kuliah untuk diterapkan. PPL pengabdian Universitas Negeri Yogyakarta kepada masyarakat terutama dibidang pendidikan. SMP Negeri 6 Yogyakarta berlokasi di Keluarahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta. Mahasiswa PPL melaksanakan program PPL di lingkungan sekolah SMP Negeri 6 Yogyakarta yang terletak di Jalan R.W. Monginsidi No.1, Jetis, Yogyakarta, merupakan 10 besar sekolah unggulan di kota Yogyakarta. Secara umum, kondisi lingkungan di SMP Negeri 6 Yogyakarta tergolong kondusif sebagai tempat pelaksanaan proses belajar mengajar. Kegiatan PPL dimulai dengan persiapan pelatihan di kampus yaitu Pengajaran Mikro, observasi pra PPL, pembekalan, perumusan program, serta pelaksanaan praktik mengajar di sekolah. Untuk kegiatan PPL, praktikan mengajar sesuai dengan mata pelajaran yang dikuasai, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan. Kegiatan PPL meliputi mengajar di kelas, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan evaluasi setiap materi, melaksanakan ulangan, program terbimbing dan program mandiri. Program terbimbing meliputi konsultasi dengan guru pembimbing, penguasaan materi dan pembuatan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) melaksanakan mengajar secara resmi sebanyak 6-7 kali tatap muka dalam seminggu, yaitu kelas VIII A-E, IX A-G. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah suatu wujud pendidikan yang memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa di lapangan. Dari kegiatan PPL dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan PPL sangatlah penting untuk dilakukan karena merupakan pembelajaran bagi mahasiswa agar dapat menjadi seorang pendidik dan pengajar di sekolah nantinya dan berguna di masyarakat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: lokasi, program kerja, analisis
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:36
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37262

Actions (login required)

View Item View Item