PENGEMBANGAN PAKET MEDIA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI UNTUK PROSES PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA KELAS X SEMESTER 1

Ismaryati, Ismaryati (2010) PENGEMBANGAN PAKET MEDIA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI UNTUK PROSES PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA KELAS X SEMESTER 1. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_PAKET_MEDIA_PEMBELAJARAN_IKATAN_KIMIA_BERDASARKAN_KURIKULUM_BERBASIS_KOMPETENSI_UNTUK_PROSES_PEMBELAJARAN_KIMIA_SMA.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Paket Media Pembelajaran Ikatan Kimia Berdasarkan Kurikulum Betbasis Kompetensi (KBK) yang memenuhi kriteria kualitas dan mengetahui kualitas paket media pembelajaran ikatan kimia tersebut berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA. Penilaian ini terdiri atas enam tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengorganisasian kimia kelas X semester 1 berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang terdiri atas 6 bagian, 19 media dan terdiri dari 2 jenis media yaitu media hardware dan media, bagaan 1 : K.estabilan Unsur, bqglan U ; Ikatan III ; Ikatan ,Govalen, bagran fV : Kepolaran Senyawa, bagian V : Ikatan Kovalen Koordinasi, bagian VI : Ikatan Logam. Paket media pembelajaran diberi masukan oleh 2 orang dosen pembimbing, 2 orang ahli media, clan 3 orang teman sejawat (Peer Reviewer). Paket media pembelajaran juga dinilai kuaiitasnya oleh 5 orang guru kimia SMA.MIA. Penilaian kualitas media hardware didasarkan pada 8 aspek penilaian yaitu : kesesuaian dengan kompetensi dasar dan indikator hasil belajar, kesesuaian der.gan materi, kesesuaian dengan kacaktecistik KIRK, kepcaktisan. daft keluwesan, kemudahan pembuatan media, efisiensi waktu, mutu teknis, dan kesesuaian evaluasi. Penilaian kualitas media f lash didasarkan pada 9 aspek penilaian yaitu : kesesuaian dengan kompetensi dasar dan indikator hasil belajar, kesesuaian dengan materi, kesesuaian dengan karakteristik KBK, kepraktisan dan keluwesan, tampilan, tata bahasa, efisiensi waktu, mutu teknis, dan kesesuaian evaluasi. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Skor rata-rata paket media pembelajaran diubah menjadi kategori nilai sehingga kualitas paket media pewbelajaran dapat ditentukan melalui konversi skor rata-rata data menjadi kategori nilai tersebut. Kualitas paket media pembelajaran yang telah disusun berdasarkan penilaian guru memiliki skor rata-rata paket media hardware sebesar 81,89 (81,89%) dan paket media flash 107,48 (82,68%). Kedua jenis paket media tersebut memiliki skor dengan kriteria kualitas sangat baik (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:51
Last Modified: 29 Jan 2019 15:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3724

Actions (login required)

View Item View Item