LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SD NEGERI PUNUKAN JL. KOKAP KM. 1 BEJI, WATES KULON PROGO 55611 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014

WAHYU RETNA ARINI, WAHYU RETNA ARINI (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SD NEGERI PUNUKAN JL. KOKAP KM. 1 BEJI, WATES KULON PROGO 55611 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. cover ppl.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. halaman pengesahan.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 bismilah BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan ( PPL ) Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Program ini memiliki tujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan nantinya ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. Program Kuliah Lapangan PPL UNY 2014 yang ditempatkan SD Negeri Punukan sebagai salah satu lokasi penempatan untuk mahasiswa melaksanakan kuliah lapangan tersebut. SD Negeri Punukan berlokasi di jalan Kokap KM.1 Beji, Desa Beji, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Prov. D.I. Yogyakarta. Sebelum melaksanakan program PPL selama kurang lebih 2 bulan 15 hari yang jatuh pada tanggal 2 Juli sampai 17 September mahasiswa PPL UNY melakukan kegiatan guna menunjang kegiatan PPL di sekolah agar mencapai hasil yang seuai dengan harapan bersama. Kegiatan tersebut meliputi melaksanakan mata kuliah wajib lulus pembelajaran mikro, pembekalan PPL, melaksanakan observasi di sekolah baik dari segi fisik sekolah maupun lingkungan sekolah. Observasi ini bertujuan mendapatkan informasi dan data guna melakukan penyusunan program kerja PPL. Selanjutnya mahasiswa PPL melaksanakan program mengajar dari kelas I – VI di SD N Punukan, namun selain itu mahasiswa PPL juga melaksanakan berbagai kegiatan selain mengajar Penjas juga mengajar di kelas apabila bapak/ ibu guru berhalangan hadir. Kemudian membantu tentang kepengurusan administrasi dan manajemen di sekolah yang dibimbing langsung oleh bapak kepala sekolah. Ketercapaian program yang direncanakan dengan yang sudah dilaksanakan mencapai 80-90% hal ini dapat dilihat selain dari kepiawaian mahasiswa PPL dalam mengajar juga dari para mahasiswa PPL yang menjadi pribadi yang lebih dewasa daripada sebelum melaksanakan kegiatan PPL di sekolah. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai – nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Mengajar, Program, Pribadi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 01:30
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37235

Actions (login required)

View Item View Item