LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI PUNUKAN JL. KOKAP Km. 1 BEJI, WATES 55611 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014

Lukman Nul’aual Jamil, Lukman Nul’aual Jamil (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI PUNUKAN JL. KOKAP Km. 1 BEJI, WATES 55611 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai program KKN dan PPL untuk mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas output dengan cara menunjukkan realita di lapangan khususnya di sekolah agar para mahasiswa dapat lebih meningkatkan eksistensinya dalam dunia pendidikan serta menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan profesional. SD Negeri Punukan merupakan salah satu dari sekian sekolah yang dijadikan lokasi KKN-PPL UNY pada tahun 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta. Saat ini kegiatan PPL dilaksanakan secara terpadu yang diselenggarakan di sekolah atau lembaga. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang bermanfaat, serta dapat mengimplementasikan kemampuan yang telah diperoleh selama kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta dan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya calon guru baik secara kualitas maupun kuantitas. Dalam pelaksanaannya, program PPL digabung dengan program KKN sehingga dalam hal ini disebut dengan program KKN-PPL. Program KKN-PPL UNY 2014 dilaksanakan dari tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014 yang bertempat di SD Negeri Punukan yang beralamatkan di Jalan Kokap Km 1, Beji, Wates, Kulon Progo. Laporan ini berisi tentang : analisis situasi sekolah, observasi sekolah, perumusan program, dan rancangan PPL, membuat rancangan pembelajaran atau RPP, pelaksanaan praktek mengajar, analisis hasil dan refleksi pembelajaran setelah selesai praktek mengajar terbimbing dan mandiri, hambatan dan kendala yang ditemui dalam pelaksanaan PPL disertai pemecahannya. Dengan demikian, program pelaksanaan KKN-PPL yang telah dipraktekkan dapat diambil kesimpulan bahwa program KKN-PPL di SD Negeri Punukan berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu pelaksanaan KKN-PPL juga sangat bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa praktikan sekaligus sebagai latihan sebelum terjun nantinya kemasyarakat, sekolah atau lembaga lainnya dalam melakukan tugas yang secara nyata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, program PPL, hasil PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 01:25
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37232

Actions (login required)

View Item View Item