LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI PUNUKAN JL.KOKAP Km. 1 BEJI, WATES KULON PROGO 55611 2 Juli- 17 September 2014

Afif Fauziah Kurniastuti, Afif Fauziah Kurniastuti (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI PUNUKAN JL.KOKAP Km. 1 BEJI, WATES KULON PROGO 55611 2 Juli- 17 September 2014. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan kata penghantar abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I II III.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan ( PPL ) Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Program ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan nantinya ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya, dan meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, serta memperoleh pengalaman yang bermanfaat, upaya meningkatkan kompetensi- kompetensi calon tenaga pendidik sebelum nantinya terjun ke sekolah dalam menjalan kanperan, fungsi dan tugasnya secara profesional. Mahasiswa juga dapat menuangkan segala ilmu yang diperoleh selama kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta. Program Kuliah Lapangan PPL UNY 2014 yang ditempatkan di SD Negeri Punukan sebagai salah satu lokasi penempatan untuk mahasiswa melaksanakan PPL. SD Negeri Punukan berlokasi di Jalan Kokap KM.1 Beji, Desa Beji, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelum mahasiswa di terjunkan ke lokasi PPL, mahasiswa harus sudah lulus mata kuliah Pembelajaran Mikro, yang sifatnya wajib tempuh, dan mengikuti Pembekalan PPL yang adakan oleh LPPMP UNY, mengikuti Tes tertulis PPL. Sebelum diterjunkan kelokasi PPL terlebih dahulu melakukan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Dari hasil observasi di ketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum terberdayakan. Berdasarkan kondisi yang ada, maka mahasiswa PPL merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama PPL. Program PPL ini antara lain: praktek mengajar, pembuatan media dan pengembangan metode pembelajaran. Selanjutnya mahasiswa PPL melaksanakan program mengajar dari kelas I – VI di SD N Punukan, namun selain itu mahasiswa PPL juga melaksanakan berbagai kegiatan selain mengajar Penjas juga mengajar di kelas apabila bapak/ ibu guru berhalangan hadir. Kemudian membantu tentang kepengurusan administrasi dan manajemen di sekolah yang dibimbing langsung oleh bapak kepala sekolah. Dengan demikian, program pelaksanaan PPL yang telah dipraktekkan dapat diambil kesimpulan bahwa program PPL di SD Negeri Punukan berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu pelaksanaan PPL juga sangat bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa praktikan sekaligus sebagai latihan sebelum terjun nantinya kemasyarakat, sekolah atau lembaga lainnya dalam melakukan tugas yang secara nyata. Supaya bias menjalannkan tugasnnya secara professional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, Mengajar, Program,
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 25 Jul 2016 01:23
Last Modified: 25 Jul 2016 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37230

Actions (login required)

View Item View Item