LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 SD NEGERI SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA

SEPTIANA KURNIAWATI, SEPTIANA KURNIAWATI (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 SD NEGERI SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL SEPTI.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah mata kuliah berupa program yang disyaratkan kepada para calon pendidik yang dirancang khusus untuk menyiapkan tenaga pendidik mengenal secara langsung lapangan kerja di masa depan. PPL juga menyiapkan calon pendidik agar menguasai permasalahan yang terjadi dilapangan secara langsung, utuh, dan menyeluruh sehingga mahasiswa ketika diangkat menjadi tenaga pendidik dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional. PPL dilaksanakan dari 6 Agustus 2014 – 17 September 2014 secara terbimbing dan mandiri untuk memahami sekolah pada umumnya dan mengenal karakteristik sekolah, memahami kegiatan di dalam sekolah terutama dalam proses pembelajaran serta mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama duduk dibangku kuliah. Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun ini dilaksanakan pada waktu yang sama dengan program KKN. PPL pada tahun ini sudah menerapkan kurikulum 2013 di mana pembelajaran diarahkan bersifat scientific yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang menjadi fokus utama. Pelaksanaan program PPL terbagi menjadi beberapa praktik mengajar yang terdiri dari praktik mengajar terbimbing sebanyak 8, praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali dan ujian praktik mengajar 2 kali. Praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri ini juga termasuk pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, pembuatan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahap yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah, penyusunan program, dan pengajuan proposal. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Secara umum, pelaksanaan program PPL di SDN Surokarsan 2 berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala, namun dapat terselesaikan dengan baik dengan kerjasama antar mahasiswa PPL dan para guru sehingga permasalahan dapat diatasi. Tak henti juga dukungan dari guru dan staff yang selalu membantu dan membimbing serta pihak kampus yang memonitoring kegiatan kami dan melakukan kegiatan diskusi tentang kegiatan PPL kami. Berkat dukungan dari pihak sekolah dan pihak kampus yang membantu kelancaran berjalannya program PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL 2014, SD Negeri Surokarsan 2
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2016 01:04
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37216

Actions (login required)

View Item View Item