LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ( PPL UNY FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN DI SD NEGERI 6 BENDUNGAN )

Hanampi Nugroho S.W, Hanampi Nugroho S.W (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ( PPL UNY FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN DI SD NEGERI 6 BENDUNGAN ). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HANAMPI NUGROHO S.W ( 11604224035 ).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang dilaksanakan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). PPL adalah wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah diperoleh di bangku kuliah. PPL di SD N 6 BENDUNGAN ini mempunyai tiga macam tujuan, yaitu (1) merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, (2) meningkatkan potensi, bakat, dan minat siswa yang berguna untuk menunjang proses belajar mengajar, dan (3) membantu meningkatkan kondisi sekolah yang mendukung proses belajar mengajar. Pelaksanaan program – program tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah dan mahasiswa untuk pengembangan kompetensinya. Oleh karena itu perlu adanya komitmen yang tinggi dari semua pihak yang terkait sesuai dengan tanggung jawab masing – masing. Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing – masing. Sehingga mahsiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang professional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi pembuatan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), konsultasi dengan guru pembimbing. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kelas yaitu kelas 1 sampai kelas 6. Praktik mengajar telah dilaksanakan 8x pertemuan / 8x RPP berbeda. Selama melaksanakan PPL praktikan tidak mengalami hambatan dan praktikan dapat menjalin kerjasama yang baik dengan guru pembimbing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL,Pengabdian,Mengajar,Program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:23
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37203

Actions (login required)

View Item View Item