PELATIHAN PENILAIAN PORTOFOLIO BAGI GURU AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENILAI PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK

Sukanti, M.Pd. PELATIHAN PENILAIAN PORTOFOLIO BAGI GURU AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENILAI PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK. PPM Prioritas Fakultas FISE.

[img] Text
artikel_ppm.docx

Download (35kB)

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan tentang teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran Akuntansi, memberikan wawasan pengetahuan tentang penilaian portofolio, memberikan wawasan pengetahuan tentang arti penting penilaian portofolio dalam pembelajaran Akuntansi serta memberikan bekal kemampuan tentang penilaian portofolio dalam pembelajaran Akuntansi. Sasaran pengabdian adalah guru-guru akuntansi SMK Program Keahlian Akuntansi se Daerah Istimewa Yogyakarta. Permasalahan diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Persiapan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai penilaian yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Akuntansi. Pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan, menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi, dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dan latihan sebagai bentuk kegiatan workshop penyusunan format penilaian portofolio untuk pembelajaran Akuntansi. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk masing-masing tahap dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan tingkat keberhasilan dengan indikasi adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan guru-guru SMK Program Keahlian Akuntansi, adanya respon yang positif dari peserta, dan sebagian besar (75%) peserta telah mempunyai wawasan pengetahuan tentang teknik penilaian, penilaian portofolio dan memahami pentingnya penilaian portofolio untuk mengukur tingkat ketercapaian kompetensi peserta didik dalam pembelajaran Akuntansi, serta telah mempunyai kemampuan dalam menilai ketercapaian kompetensi peserta didik dalam pembelajaran Akuntansi yang diwujudkan dalam keterampilan dalam menyusun format penilaian portofolio dalam pembelajaran Akuntansi. Kata kunci: teknik penilaian, penilaian portofolio, pembelajaran Akuntansi

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 09 Aug 2012 06:24
Last Modified: 02 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3720

Actions (login required)

View Item View Item