LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA

IDA KRISTIYANI, IDA KRISTIYANI (2014) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PPL_IDA KRISTIYANI_11108241141_PGSD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu mata kuliah yang harus diikuti oleh mahasiswa kependidikan UNY adalah program PPL. Program PPL merupakan praktek pengalaman lapangan yang bertujuan agar mahasiswa kependidikan mampu mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam proses kegiatan belajar mengajar di lembaga pendidikan. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 dilaksanakan pada semester khusus bulan Juli sampai September 2014. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. Mahasiswa kependidikan khususnya jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar berkesempatan melakukan Program Pengalaman Lapangan di Sekolah Dasar. SD N Gedongkiwo adalah salah satu Sekolah Dasar yang bekerja sama dengan UNY untuk digunakan menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2014. Program PPL yang dilakukan meliputi pelaksanaan praktik mengajar sebanyak 10 kali terdiri dari praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali dan praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 8 Agustus 2014 sampai dengan 30 Agustus 2014 serta sebagai evaluasi dilaksanakan ujian praktik mengajar dua kali yang dilaksanakan pada tanggal 3 September 2014 dan 4 September 2014. Praktik mengajar ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah dan penyusunan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar 10 kali ditambah dengan ujian 2 kali. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Pelaksanaan program PPL di SD N Gedongkiwo berjalan dengan baik, namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti ada beberapa kali jadwal mengajar yang tidak sesuai dengan waktu perencanaan, akan tetapi dengan adanya kerja sama yang solid dari berbagai pihak, berbagai kendala yang ada tersebut pun dapat diatasi dengan baik. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di SD N Gedongkiwo.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SD Negeri Gedongkiwo
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:18
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37196

Actions (login required)

View Item View Item