Perbandingan Kemampuan Lay-up shoot Sisi Kanan dan Lay-up shoot Sisi Kiri Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bolabasket SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun 2015/2016

Yusuf Septiono (2016) Perbandingan Kemampuan Lay-up shoot Sisi Kanan dan Lay-up shoot Sisi Kiri Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bolabasket SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Yusuf Septiono.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah yang ada di SMA Negeri 3 Yogyakarta yaitu belum diketahuinya kemampuan lay up shoot siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara lay-up shoot dari sisi kiri dan lay-up shoot dari sisi kanan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri 3 Yogyakarta Tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakuirkuler bolabasket SMA Negeri 3 Yogyakarta dan sampel dalam penelitian ini siswa anggota ekstrakurikuler bolabasket yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen yang dikembangkan oleh Imam Sodikun tahun 1992 terdiri dari tes lay-up shoot dari sisi kiri dan lay-up shoot dari sisi kanan dengan nilai validitas sebesar 0,79 dan nilai reliabilitas sebesar 0,90. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan lay-up shoot dari sisi kanan dan lay-up shoot dari sisi kiri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri 3 Yogyakarta. Kemampuan lay-up shoot dari sisi kanan hasilnya lebih baik dari pada lay-up shoot dari sisi kiri. Nilai mean lay-up shoot sisi kanan sejumlah 6.0833 dan mean lay-up shoot sisi kiri sejumlah 5.2500. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara lay-up shoot sisi kanan dan lay-up shoot sisi kiri di mana lay-up shoot sisi kanan lebih baik dibandingkan dengan lay-up shoot sisi kiri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lay-up shoot sisi kanan, lay-up shoot sisi kiri, ekstrakurikuler, bolabasket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37194

Actions (login required)

View Item View Item