LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 2 SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015

Erwin Rohmi Juliyanti, Erwin Rohmi Juliyanti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 2 SD N GEDONGKIWO YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PPL_ERWIN ROHMI JULIYANTI_11108244060_PGSD.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan pendidikan di UNY. Program PPL ini bertujuan untuk mempraktikkan ilmu yang didapat di bangku kuliah kepada masyarakat khususnya lingkungan sekolah sebagai sasaran utamanya. Selain itu program PPL juga merupakan salah satu wujud Tri Dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat sekolah dan membantu mengembangkan sekolah yang menunjang proses pembelajaran. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengacu pada Undang-Undang Guru dan dosen nomor 14 Tahun 2005, khususnya yang berkenaan dengan empat kompetensi guru yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Pelaksaan PPL dimulai sejak tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan tanggal 17 September 2014 di SD N Gedongkiwo yang beralamat di Jl. Bantul Gg. Tawangsari, Mantrijeron, Yogyakarta 55142. Kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh penyusun adalah observasi secara fisik dan non fisik. Kegiatan ini meliputi pengamatan langsung terhadap keadaan fisik sekolah seperti ruang kelas, kantor guru, perpustakaan serta ruang lain yang mendukung kegiatan yang berlangsung di SD N Gedongkiwo. Selain pengamatan fisik, penyusun juga melaksanakan pengamatan non fisik yang meliputi kegiatan pembelajaran dalam kelas serta kegiatan ekstrakurikuler yang difasilitasi oleh sekolah seperti drumband dan pramuka. Hasil observasi inilah yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan perumusan program PPL. Selain itu juga diadakan kegiatan konsultasi dan bimbingan dengan guru pembimbing sebagai persiapan dalam pelaksanaan PPL. Ada juga kegiatan pembekalan dari UNY bagi mahasiswa sebelum terjun ke lapangan (sekolah). Dari hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas di SD N Gedongkiwo Yogyakarta, maka penyusun mendapatkan banyak sekali informasi tentang bagaimana cara guru menyampaikan pembelajaran, bagaimana guru memaksimalkan siswa dalam belajar serta meliputi cara guru mengendalikan kelas dengan berbagai macam karakteristik siswa. Dari observasi ini dapat menjadi bekal |bagi mahasiswa PPL dalam Praktik Pembelajaran. Program PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Program PPL dimulai sekitar tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Dalam kegiatan PPL ini mahasiswa melaksanakan praktik mengajar yang meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 9 Agustus 2014 sampai dengan 1 September viii 2014 dan praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan tanggal 27 Agustus 2014 dan 28 Agustus 2014. Serta dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak dua kali mengajar yaitu pada tanggal 3 September 2014 dan 4 September 2014. Praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan program PPL di SD N Gedongkiwo berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala, seperti ada beberapa kali jadwal mengajar yang tidak sesuai dengan waktu perencanaan, akan tetapi dengan kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL dan juga kerja sama dengan pihak sekolah maka segala permasalahan dapat terselesaikan. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Dengan adanya program PPL ini, mahasiswa PPL mendapatkan banyak pengalaman baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun dalam mengatasi permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Pelaksanaan PPL juga telah memberikan bekal kepada mahasiswa calon guru tentang bagaimana menjadi guru yang profesional kelak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:11
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37190

Actions (login required)

View Item View Item