LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 1 JULI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO

TINUNG AGUS PURWANI, TINUNG AGUS PURWANI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 1 JULI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL Tinung Agus P.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mata Kuliah Praktik Pengalaman Kerja (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata sebagai pengelola dan penunjang pendidikan dengan cara melibatkan mereka secara langsung dalam proses penyelelnggaraan lembaga pendidikan atau lembaga pengelola pendidikan. Selanjutnya kegiatan ini juga akan menjadi bekal dalam mengembangkan diri mereka menjadi tenaga kependidikan yang professional; memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam melaksanakan tugas profesinya. Pada PPL kali ini mahasiswa memiliki program yang berjudul “Optimalisasi Database Siswa Miskin Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo”. Program ini bertujuan untuk mempercepat dan mengupdate data siswa miskin di Kabupaten Kulon. Dalam pelaksanakan PPL mahasiswa memiliki program yaitumelakukan pendataan secara keseluruhan siswa di setiap SD lalu menyeleksi siswa miskin tiap SD. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa PPL sampai database terwujud sebagai berikut : Koordinasi Pembuatan dan Penyebaran Form melalui UPTD, PengumpulanForm Melalui UPTD, Rekap Data Siswa, Penyeleksian Data Siswa untuk menjadi Usulan Siswa Penerima BSM, Mencetak dan Pelaporan. Dengan memanfaatkan UPTD dan memanfaatkan bentuk file diharapkan mampu menyediakan pendataan siswa tingakt pendidikan SD se-Kabupaten Kulon Progo yang lebih cepat tidak memakan waktu. Hasil dari pendataan siswa selain dapat sebagai usulan untuk penerima BSMjuga berfungsi sebagai pemetaan siswa miskin yang diperlukan juga sebagai pedoman bagi Dinas Pendidikan khususnya seksi kurikulum SDdalam menetapkan beasiswa-beasiswa lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Data Siswa, Database
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:07
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37187

Actions (login required)

View Item View Item