LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II DI KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO DIY PENDATAAN SISWA BARU SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN KULON PROGO DIY MELALUI APLIKASI SIPENSIS (SISTEM INFORMASI PENDATAAN SISWA)

Nely Zahroh, Nely Zahroh (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II DI KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO DIY PENDATAAN SISWA BARU SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN KULON PROGO DIY MELALUI APLIKASI SIPENSIS (SISTEM INFORMASI PENDATAAN SISWA). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL Nely.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penerimaan siswa baru merupakan kegiatan yang berlangsung rutin setiap tahunnya dalam suatu sekolah. Saat ahkir proses penerimaan siswa baru, sekolah diharuskan melaporkan data siswa baru yang diterima di sekolah yang bersangkutan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, untuk selanjutnya direkap menjadi data siswa baru Kabupaten Kulon Progo. Khusus untuk data siswa baru Sekolah Dasar (SD), sebelum data masuk ke Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, data siswa baru terlebih dahulu dikumpulkan melalui UPTD masing-masing kecamatan. Hal ini dikarenakan jumlah SD di Kabupaten Kulon Progo yang sangat banyak, yaitu sejumlah 369 sekolah (SD dan MI, Negeri dan Swasta). Kegiatan pendataan siswa baru sendiri dilakukan oleh unit kerja Datadik Sub Bagian Perencanaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Proses pendataan siswa baru dilakukan secara manual dan dibantu dengan aplikasi Microsoft Excel dalam penginputan, penyimpanan, dan pelaporan data. Model pengelolaan dengan Microsoft Excel seperti ini memiliki beberapa kekurangan, diantaranya tidak adanya jaminan keamanan data dikarenakan semua orang dapat mengakses Microsoft Excel tanpa adanya permintaan kode akses tertentu. Kurangnya personil unit kerja Datadik Sub Bagian Perencanaan Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo serta data siswa baru yang sangat banyak dan kompleks juga menimbulkan sejumlah masalah, diantaranya menyebabkan proses pendataan yang membutuhkan waktu lama dan besarnya kemungkinan terjadinya kesalahan saat penginputan data dalam form aplikasi Microsoft Excel. Dari berbagai permasalahan yang teridentifikasi, pada dasarnya masalah utamanya terletak pada sistem pengelolaan data yang belum optimal. Hal ini disebabkan aplikasi yang digunakan dalam pengelolaan data pun belum optimal, yaitu masih menggunakan program bawaan dari Microsoft Excel yang masih memiliki banyak kekurangan dalam hal kepraktisan dan keamanan data, yang mana secara keseluruhan dapat berpengaruh terhadap efektifitas dan efisiensi sistem pengelolaan data dan kinerja unit kerja Datadik itu sendiri. Pendataan siswa baru merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang perlu penanganan serius terhadap permasalahan-permasalahan yang masih terjadi dalam proses pelaksanaannya. Keberadaan data siswa sangat erat kaitannya dengan proses perencanaan peserta didik, pembinaan peserta didik, dan kegiatan manajemen pendidikan lain yang tidak hanya berorientasi pada manajemen peserta didik tetapi juga manajemen personalia sekolah, manajemen fasilitas 2 sekolah, dan proses manajemen lain yang membutuhkan data siswa di dalam kegiatannya. Mengingat pentingnya data siswa, pengelolaan data yang belum optimal dapat mengakibatkan penundaan perkembangan lembaga ataupun penurunan kualitas pelayanan dan pengelolaan lembaga. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan/memperbaiki sistem pendataan siswa baru maupun sistem pengelolaan data siswa yang ada di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:05
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37186

Actions (login required)

View Item View Item