LAPORAN PPL MANAJEMEN PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO PENDATAAN LABORATORIUM IPA SMA SE-KABUPATEN KULON PROGO

IIN DESFIANI, IIN DESFIANI (2014) LAPORAN PPL MANAJEMEN PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO PENDATAAN LABORATORIUM IPA SMA SE-KABUPATEN KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Iin.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab mahasiswa setelah mendapatkan ilmu dari kampus ialah mentransfer, menginformasikan dan mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat dan lingkungan kependidikan. Praktek Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta mengimplementasikan kompetensi yang dimiliki sebagai calon tenaga kependidikan yang bertanggung jawab dan profesional. PPL di Dinas Pendidikan merupakan ajang mahasiswa dalam memberikan sumbangan nyata dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi yang ada di Dinas Pendidikan. Hal ini sesuai dengan kompetensi prodi Manajemen Pendidikan yaitu mengelola pendidikan. Pelaksanaan PPL Dinas Pendidikan Kulon Progo dibagi ke empat bidang yaitu Dikdas, Dikmen, PAUD dan PNFI. Untuk mencapai tujuan kegiatan PPL maka masing masing individu diwajibkan membuat program sesuai hasil observasi lapangan yang dilakukan sebelum kegiatan PPL. Adapun program PPL yang tercantum dalam laporan ini berjudul ‘Pendataan Laboratorium IPA SMA se-Kabupaten Kulon Progo.’ Tujuan dari program ini adalah membantu Dinas Pendidikan khususnya Seksi Sarana Prasarana Bidang Pendidikan Menengah untuk menginventarisasi dan menganalisis kondisi sarana dan prasarana laboratorium yang dimiliki SMA di kabupaten Kulon Progo. Program ini melakukan pendataan terhadap Laboratorium IPA di SMA seluruh Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 20 sekolah. Hasil dari program PPL ini diharapkan dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan pembangunan pendidikan khususnya sarana laboratorium IPA SMA di Kabupaten Kulon Progo. Program PPL Pendataan Laboratorium IPA SMA se-Kabupaten Kulon Progo terbagi dalam tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap persiapan lebih menekankan pada observasi, konsultasi dan pemantapan program. Tahap pelaksanaan meliputi proses pengolahan instrumen, pengumpulan data, sampai penyajian data. Sedangkan tahap evaluasi mencakup laporan dan tindak lanjut program. Hasil akhir dari program ini adalah data sarana yang ada di Laboratorium IPA SMA berupa tabel dan grafik pendataan laboratorium IPA SMA. Bagian akhir dari program adalah analisis pelaksanaan program dan refleksi berupa tingkat ketercapaian program yang dijalankan. Tingkat ketercapaian ini berdasarkan pada tujuan dan matrik pelaksanaan yang telah disusun.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:01
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37183

Actions (login required)

View Item View Item