LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO Jalan Ki Josuto, Wates, Kulon Progo PENGEMBANGAN DATABASE DANA BANTUAN/ HIBAH SEKOLAH YANG BERSUMBER DARI LUAR APBD TAHUN ANGGARAN 2013

Hayin Linda Sabekti, Hayin Linda Sabekti LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO Jalan Ki Josuto, Wates, Kulon Progo PENGEMBANGAN DATABASE DANA BANTUAN/ HIBAH SEKOLAH YANG BERSUMBER DARI LUAR APBD TAHUN ANGGARAN 2013. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Ppl hayin.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan PPL untuk prodi Manajemen pendidikan dilaksanakan di Dinas Pendidikan agar sesuai dengan kompetensi manajemen pendidikan yaitu mengelola pendidikan. PPL dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo yang merupakan lembaga pengelola pendidikan tingkat daerah. Pelaksanaan PPL di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo dibagi ke setiap bidang yaitu kesekretariatan, bidang pendidikan dasar (Dikdas), bidang pendidikan menengah pertama, atas dan kejuruan (Dikmen), serta bidang pendidikan anak usia dini informal dan non informal (PAUDNI). Untuk mencapai tujuan kegiatan PPL maka masing-masing individu diwajibkan merancang program sesuai dengan hasil observasi lapangan yang dilakukan sebelum kegiatan PPL II dilaksanakan. Adapun program PPL yang tercantum dalam laporan ini berjudul ‘Pengembangan Database Dana Bantuan/ Hibah ke Sekolah yang Bersumber dari Luar APBD Tahun Anggaran 2013.’ Tujuan dari program ini adalah membantu Dinas Pendidikan khususnya Sub Bagian Keuangan untuk menyusun rekap laporan penggunaan dana bantuan/ hibah ke sekola-sekolah di Kabupaten Kulon Progo yang bersumber dari luar APBD tahun anggaran 2013. Program ini melakukan pendataan ulang laporan yang diberikan masing-masing sekolah kepada Subbag Keuangan yang berjumlah 331 sekolah. Program PPL Pengembangan Database Dana Bantuan/ Hibah ke Sekolah yang Bersumber dari Luar APBD Tahun Anggaran 2013 terbagi dalam tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap persiapan lebih menekankan pada pemantapan program, konsultasi dan pembuatan format dan instrumen pendataan. Tahap pelaksanaan meliputi proses pengolahan database mulai dari pengumpulan data sampai penyajian dan pengujian database. Sedangkan tahap evaluasi mencakup laporan dan tindak lanjut program. Hasil akhir dari program ini adalah rekap laporan dana bantuan yang dapat digunakan oleh Sub Bagian Keuangan. Tingkat ketercapaian ini berdasarkan pada tujuan dan matrik pelaksanaan yang telah disusun.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:59
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37181

Actions (login required)

View Item View Item