Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Praktikum Fisika SMA

Sulaeman, Nurul Fitriyah (2012) Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Praktikum Fisika SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-fitriyah-sulaeman-10701251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengungkap konstruk instrumen penilaian kinerja guru praktikum fisika SMA, (2) mengungkap karakteristik instrumen penilaian kinerja guru praktikum fisika SMA oleh teman sejawat, (3) mengungkap karakteristik instrumen penilaian kinerja guru praktikum fisika SMA oleh siswa, (4) mengetahui kesamaan karakteristik antara instrumen penilaian kinerja guru praktikum fisika SMA oleh teman sejawat dan instrumen penilaian kinerja guru praktikum Fisika SMA oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yakni pengembangan instrumen penilaian kinerja guru praktikum fisika SMA oleh teman sejawat dan siswa. Langkah pengembangan instrumen terdiri dari menyusun spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan sistem penskoran dan norma, menelaah instrumen oleh ahli, melakukan uji coba, menganalisis instrumen, merakit instrumen dan mengkorelasi antara skor hasil penilaian menggunakan instrumen teman sejawat dan hasil penilaian menggunakan instrumen angket siswa. Subjek uji coba adalah 30 guru fisika SMA yang dinilai oleh seorang teman sejawat menggunakan lembar observasi dan oleh 450 orang siswa menggunakan angket siswa. Validitas instrumen diestimasi menggunakan expert judgment dan analisis faktor sedangkan estimasi reliabilitas menggunakan koefisien Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konstruk instrumen penilaian kinerja guru praktikum fisika SMA terdiri dari perencanaan pembelajaran praktikum, persiapan pembelajaran praktikum, pelaksanaan pembelajaran praktikum, pengadministrasian sarana dan hasil praktikum; (2) validasi instrumen penilaian oleh teman sejawat menggunakan expert judgement dan analisis faktor tergolong baik dengan loading factor berkisar antara 0,438 sampai 0,900 dan reliabilitas yang tinggi yaitu sebesar 0,887; (3) validasi instrumen penilaian oleh siswa menggunakan expert judgement dan analisis faktor tergolong baik dengan loading factor berkisar antara 0,384 sampai 0,746 dan reliabilitas yang tinggi yaitu sebesar 0,935; (4) instrumen lembar observasi teman sejawat dan angket presepsi siswa memiliki karakteristik yang sama dan korelasi skor yang tinggi sehingga angket presepsi siswa dapat menggantikan lembar observasi teman sejawat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen, kinerja, guru fisika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:21
Last Modified: 05 Oct 2022 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37180

Actions (login required)

View Item View Item