LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO Jalan Ki Josuto Wates Kulon Progo “Optimalisasi Pendataan Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar Se-Kabupaten Kulon Progo”

Hanifah Yuliani, Hanifah Yuliani (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO Jalan Ki Josuto Wates Kulon Progo “Optimalisasi Pendataan Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar Se-Kabupaten Kulon Progo”. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Hanifah.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta mengimplementasikan kompetensi yang dimiliki. Praktik Pengalaman Lapanganini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata sebagai pengelola dan penunjang pendidikan dengan cara melibatkan secara langsung dalam proses penyelelnggaraan lembaga pendidikan atau lembaga pengelola pendidikan. PPL dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo yang merupakan lembaga pengelola pendidikan tingkat daerah. Untuk mencapai tujuan kegiatan PPL maka masing-masing individu diwajibkan membuat program sesuai hasil observasi lapangan yang dilakukan sebelum kegiatan PPL. Program yang berjudul “Optimalisasi Pendataan Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar se-Kabupaten Kulon Progo” ini bertujuan untuk mengoptimalkan manajemen fasilitas khususnya pada tahap pendataan sarana dan prasarana pada tingkat sekolah dasar di Kabupaten Kulon Progo.Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitukoordinasi dan pembuatan tabel rekapan sesuai kebutuhan, merekap data sarana dan prasarana sekolah yang berasal dari data sarana dan prasarana sekolahtahun 2013/2014 dan data siswa tahun 2014 ke dalam tabel rekapitulasi yang telah dibuat, mengecek apakah data yang dibutuhkan sudah diinput ke dalam tabel, evaluasi dan laporan. Hasil dari program PPL ini adalah database rekapan kondisi sarana dan prasarana sekolah dasar di Kabupaten Kulon Progo yang disajikan dalam bentuk microsoft excel dan laporan Usulan DAK. Hasil program ini dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan untuk menentukan sekolah mana yang berhak mendapatkan bantuan baik berupa pengadaan maupun perbaikan sarana dan prasarana di Kabupaten Kulon Progo. Tingkat ketercapaian program ini 90% berdasarkan pada tujuan dan matrik pelaksanaan yang telah disusun. Hambatan yang dihadapi adalah terlalu banyaknya data sehingga menyebabkan kesulitan dalam perekapan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:57
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37178

Actions (login required)

View Item View Item