LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Optimalisasi Sistem Informasi Profil Sekolah Menengah dan Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo Dengan Pemanfaatan Interactive Maps

Fajar Arian Oktavianto, Fajar Arian Oktavianto (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Optimalisasi Sistem Informasi Profil Sekolah Menengah dan Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo Dengan Pemanfaatan Interactive Maps. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER Fajar.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL FAJAR.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Melalui PPL mahasiswa UNY diharapkan belajar langsung di lapangan kerja dan mengimplementasikan ilmu yang didapat dari bangku kuliah sehingga setelah lulus, mahasiswa UNY siap terjun ke dunia kerja dengan kompetensi yang mumpuni. Khusus untuk jurusan Administrasi Pendidikan, PPL tidak dilaksanakan di sekolah akan tetapi di Dinas Pendidikan, dan penulis melakukan PPL di Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Kulon Progo. Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu instansi pemerintah yang mempunyai fungsi sebagai penyelenggara urusan Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo dan tugas pembantuan di bidang pendidikan. Dalam pelaksanaan fungsi di atas Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, menyelenggarakan pelayanan umum, pembinaan dan pengawasan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dan kejuruan, serta nonformal dan melaksanakan kegiatan ketatausahaan. Belum tersedianya informasi umum tentang sekolah yang mencakup informasi siswa, tenaga pendidik dan lokasi sekolah, di website Bidang menjadi alas an peyusun membuat program “Optimalisasi Sistem Informasi Profil Sekolah Menengah dan Kejuruan Se-Kabupaten Kulon Progo Dengan Pemanfaatan Interactive Maps.”. Penyusun merasa bahwa Dinas Pendidikan perlu memberikan informasi kepada masyarakat sebagai konsumen pendidikan dan penyusun berupaya tidak hanya membuat sebuah media penyampaian informasi yang memuat informasi yang diperlukan saja, tetapi juga media tersebut harus menarik, unik dan mudah dipahami oleh siapapun. Meski mengalami berbagai hambatan program ini telah berhasil dengan tingkat keberhasilan hingga 90%, dan presentase10% kekurangan karena peta interaktif belum bisa dipasang di Website Dinas Pendidikan. Hal ini terjadi karena koneksi di Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo yang mengalami masalah, serta admin website yang juga kurang mengerti bagaimana memasukkan peta interaktif ini ke dalam website.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Sistem Informasi, Informasi, Interactive Maps, Dinas Pendidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:54
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37175

Actions (login required)

View Item View Item