LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI CLERENG SECANG, SENDANGSARI, PENGASIH, KULON PROGO 55611 02 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL-PPL) : Drs. F. Suharjana, M. Pd

Widyastuti, Widyastuti (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NEGERI CLERENG SECANG, SENDANGSARI, PENGASIH, KULON PROGO 55611 02 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL-PPL) : Drs. F. Suharjana, M. Pd. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan rangkaian program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan semester khusus tahun 2014. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada praktikkan dalam bidang pembelajaran dana managerial di sekolah dalam rangka membentuk, melatih, dan mengembangkan individu yang berkarakter dan professional di bidangnya. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kami laksanakan di SD Negeri Clereng sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Kegiatan PPL di SD Negeri Clereng dilaksanakan dalam waktu selama kurang lebih 2 bulan setengah mulai tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014.Sebelum pelaksanaan PPL, mahasiswa melakukan observasi sekolah untuk mengetahui kondisi baik fisik maupun non fisik sekolah. Sehingga mahasiswa dapat memiliki gambaran awal untuk menyusun strategi atau program PPL yang akan dilaksanakan. Kegiatan PPL tersebut melalui praktik mengajar di kelas bawah dan atas yang terdiri dari PPL terbimbing, PPL mandiri, serta pelaksanaan ujian PPL.Dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berbeda pada setiap kelasnya seusai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh mahasiswa/praktikan sebelum pelaksanaan praktik mengajar. Hasil dari pelaksanaan PPL di SD Negeri Clereng terdiri atas PPL terbimbing yang terlaksana sebanyak lima kali, PPL mandiri enam kali, dan ujian PPL sebanyak satu kali. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL yang kami laksanakan pada umumnya berjalan dengan baik, lancar, dan dapat menerapkan semua kompetensi yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik khususnya dibidang pendidikan jasmani agar nantinya dapat menjadi pendidik yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, program PPL, hasil PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 06:41
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37167

Actions (login required)

View Item View Item