LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA

DANI PRATOMO, DANI PRATOMO (2014) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PPL_DANI PRATOMO_PGSD_11108244037.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan, dalam hal ini guru atau tenaga pendidik yang meliputi kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan kependidikan lainnya. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. SD N Gedongkiwo adalah salah satu SD yang bekerja sama dengan UNY yang digunakan untuk menjadi salah satu lokasi PPL pada tahun 2014. Program PPL di SD N Gedongkiwo meliputi pelaksanaan praktik mengajar sebanyak 10 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 8 Agustus 2014 sampai dengan 2 September 2014 dan dilaksanakan ujian praktik mengajar dua kali yang dilaksanakan pada tanggal 8 September 2014 dan 11September 2014. Praktik mengajar ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah dan penyusunan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar 10 kali ditambah dengan ujian 2 kali. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Pada pelaksanaan program PPL di SD N Gedongkiwo berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti ada beberapa kali jadwal mengajar yang tidak sesuai dengan waktu perencanaan, akan tetapi dengan kerja sama yang baik antara para mahasiswa PPL dengan guru yang bersangkutan sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar Terbimbing, Praktik Mengajar Mandiri, Ujian Praktik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37116

Actions (login required)

View Item View Item