LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

RICHY NUUR HUDA, RICHY NUUR HUDA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMPAR PENGESAHAN.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. KATA PENGANTAR.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.DAFTAR ISI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB II.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB III.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang professional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Sedangkan visi PPL sebagai wahana pembentukan calon guru/tenaga kependidikan yang professional. Disamping sebagai sarana pengabdian masyarakat kegiatan PPL juga sebagai persiapan mahasiswa ketika benar-benar terjun ke lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMP Negeri 4 Yogyakarta dan berlangsung selama kurang lebih 12 minggu, sejak tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pendagogik, kepribadian, profesional, sosial, serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan mengamati permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Penjasorkes pada khususnya. Adapun rancangan program secara keseluruhan terdiri atas program PPL idividu. Program PPL Individu diantaranya membuat garis lapangan basket dan bolavoli. Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama praktek mengajar dilaksanakan, pembuatan catatan harian pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, dan pembuatan soal evaluasi serta analisisnya. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kelas VII dan VIII dengan sistem bergantian dengan sesama praktikan Penjasorkes yang lain. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 3 jam pelajaran dimasing-masing kelas dalam seminggu. Selama melaksanakan PPL mahasiswa PPL tidak mengalami hambatan yang begitu signifikan, mahasiswa praktikan PPL dapat menjalin kerjasama yang cukup baik dengan guru pembimbing maupun pihak sekolah. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat merasakan langsung kegiatan pembelajaran dikelasvdan kegiatan lain yang berhubungan dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Manfaat lain yaitu mahasiswa juga dituntut untuk lebih bertanggung jawab dengan peserta didiknya, bagaimana pengelolaan kelas dan membuat peserta didik dari yang belum mengetahui materi menjadi tahu. Mahasiswa juga memperoleh pengalaman yang sangat berharga, yang terkait dengan hubungan kekeluargaan yang sudah terjalin dengan para siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:41
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37109

Actions (login required)

View Item View Item