LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

PUPUN PARHANATUL MARYAM, PUPUN PARHANATUL MARYAM (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
02. Hal Pengesahan revisi 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I, II, III Refisi 3.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini praktik pengalaman lapangan digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri 4 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan mengamati permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah terkait proses pembelajaran pada umumnya. Adapun rancangan program program secara keseluruhan terdiri dari program PPL kelompok dan individu. Program-program kelompok yang dijalankan yakni penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) KMS dan Reguler. Masa Oriestasi Peserta Didik Baru (MOPDB), pembuatan kalender akademik, pembaharuan papan pembagian tugas guru, pemasangan papan jadwal KBM, pemasangan jadwal guru piket sekolah, pendampingan beberapa kegiatan di sekolah, piket sekolah, piket perpustakaan, penataan perpustakaan, serta pengadaan lomba-lomba HUT RI. Program kelompok yakni berupa bidang akademik, non-akademik, serta kesiswaan sangat membantu mahasiswa dalam mempraktikan ilmu pada bidang manajerial dan administrasi sekolah. Sedangkan untuk program individu yakni Pengadaan Banner Tata Urutan Perundang - undangan, Buku Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan program kegiatan inti praktik proses mengajar dari tahap persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil mengajar. Baik program kelompok maupun individu berupa bidang akademik, nonakademik, serta kesiswaan sangat membantu mahasiswa dalam mempratikkan ilmu pengetahuan pada bidang manajerial, administrasi dan praktik keguruan di sekolah. Program yang dilakasanakan tidak hanya bermanfaat bagi sekolah pada umumnya namun juga bagi mahasiswa PPL pada khusunya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SMP Negri 4 Yogyakarta, Mengajar, Bidang Akademik, Non-Akademik , Kesiswaan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:31
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37105

Actions (login required)

View Item View Item