LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

BETHA CHENDEKIA PURUHITA, BETHA CHENDEKIA PURUHITA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Halaman Pengesahan...pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03.KATA PENGANTAR.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.DAFTAR ISI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06.Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07.BAB I, II, III.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Praktikan melaksanakan PPL di SMP N 4 Yogyakarta pada tanggal 1 Maret sampai dengan 17 September 2014 yang berlokasi di Jl.Hayam Wuruk 18 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini praktik pengalaman lapangan digunakan sebagai bekal mahasiswa kependidikan sebelum menjadi tenaga pendidik. Dalam kesempatan kali ini, penulis melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMP Negeri 4 Yogyakarta.Kegiatan PPL diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan yaitu praktikan melakukan observasi proses pembelajaran dan kondisi sekolah, mengikuti kuliah pengajaran mikro (microteaching), mengikuti pembekalan PPL, dan berkoordinasi dengan guru pembimbing. Kemudian pelaksanaan PPL dilakukan di SMP N 4 Yogyakrta, praktikan mendapat kepercayaan untuk mengajar di semua kelas VII. Adapun pelaksanaannya terdiri dari pembuatan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kemudian mempersiapkan bahan ajar dengan mempelajari referensi-referensi yang relevan dan membuat media pembelajaran yang mendukung. Sebelum digunakan dan dipraktikan mengajar di kelas hal-hal tersebut dikonsultasikan kepada guru pembimbing untuk menghindari kesalahan konsep. Praktikan telah melakukan praktik mengajar di kelas, penyampaian materi menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Kegiatan evaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui kekurangan praktikan selama mengajar di dalam kelas. Kegiatan PPL telah dilaksanakan oleh praktikan dengan baik dan lancar meskipun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai hambatan, akan tetapi semua dapat teratasi dengan baik atas bimbingan dan masukan dari guru pembimbing, kerjasama yang baik dengan teman KKN-PPL, dosen pembimbing lapangan, pihak sekolah, dan pihak terkait lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37103

Actions (login required)

View Item View Item