LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

Ai Mulyani, Ai Mulyani (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
1.cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. lembar pengesahab.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB1-3.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan ketrampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. Selama kegiatan, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi proses bimbingan dan pengoptimalan potensi siswa. Pada pelaksanaannya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat KBM berlangsung namun hanya menggantikan jam mata pelajaran lain yang kosong, karena bimbingan konseling tidak memiliki jam masuk kelas khusus. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk mengoptimlakan perkembangan dan potensi yang dimiliki siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja dan agar mahasiswa memperoleh pengalaman faktual khususnya tentang pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah, dan umumnya tentang proses pembelajaran siswa serta kegiatan-kegiatan kependidikan lainnya, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk profesi konselor di sekolah (guru pembimbing) yang professional

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:11
Last Modified: 22 Jul 2016 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37099

Actions (login required)

View Item View Item