LAPORAN KEGIATAN PPL PEMETAAN PEROLEHAN PRESTASI SEKOLAH DALAM AJANG OLIMPIADE OLAHRAGA SISWA NASIONAL (O2SN) SMA KOTAYOGYAKARTA

Ida Sulistyowati, Ida Sulistyowati (2014) LAPORAN KEGIATAN PPL PEMETAAN PEROLEHAN PRESTASI SEKOLAH DALAM AJANG OLIMPIADE OLAHRAGA SISWA NASIONAL (O2SN) SMA KOTAYOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IDA SULISTYOWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) ini merupakan perlombaan bagi Sekolah Menengah Atas (SMA). Olimpiade olahraga ini sebagai ajang untuk menggali potensi siswa di bidang non akademik. Perlombaan ini diadakan satu kali setiap tahunnya. Jadwal untuk pertandingannya dan macam perlombaannya di tentukan oleh pusat. Olahraga yang sering dipertandingkan yaitu Karate, Atletik, Pencak Silat, Tenis Meja dan Bulutangkis. Pada proposal ini, langkah pertama yang dilakukan sebelum melakukan pemetaan yaitu mencari data (data sekunder) yang ada di Dinas pendidikan Kota Yogyakarta, khususnya di bagian Pendidikan Menengah. Data sekunder ini berupa data tentang sekolah mana saja yang mendapat prestasi dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA Kota Yogyakarta pada tahun 2012-2014. Langkah selanjutnya yaitu memilah dan memilih data-data yang dianggap penting. Setelah data tersebut dipilah, kemudian dilakukan komparasi perolehan prestasi sekolah dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA Kota Yogyakarta antara tahun 2012 dengan tahun 2013 serta antara tahun 2013 dengan tahun 2014. Selain itu juga dibuat tabel untuk melihat sekolah mana yang mengalami peningkatan dan sekolah mana yang mengalami penurunan perolehan prestasi dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA Kota Yogyakarta tersebut. Tahap selanjutnya, dijumlahkan keseluruhan prestasi yang didapatkan oleh sekolah pada tahun 2012-2014 dan selanjutnya dibuat pemetaan perolehan prestasi sekolah dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA Kota Yogyakarta. Pada perolehan prestasi sekolah dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA Kota Yogyakarta ini, ada sekolah yang mengalami peningkatan perolehan prestasi, namun ada pula yang mengalami penurunan. Perolehan prestasi yang diperoleh sekolah pada setiap tahunnya berbeda-beda, hal ini dikarenakan setiap tahunnya sekolah memiliki peserta didik yang memiliki potensi diri yang berbeda-beda pula.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:58
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37090

Actions (login required)

View Item View Item