LAPORAN KEGIATAN PPL PEMETAAN SEBARAN GURU SEKOLAH DASAR TERSERTIFIKASI DI KOTA YOGYAKARTA WILAYAH UTARA PERIODE 2011-2013 LOKASI : DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

Atik Ismawati, Atik Ismawati (2014) LAPORAN KEGIATAN PPL PEMETAAN SEBARAN GURU SEKOLAH DASAR TERSERTIFIKASI DI KOTA YOGYAKARTA WILAYAH UTARA PERIODE 2011-2013 LOKASI : DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ATIK ISMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang pengalaman bekerja di sebuah lembaga. Mahasiswa prodi Kebijakan Pendidikan mendapat kesempatan untuk ptaktik pengalaman di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. PPL dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Wilayah pelaksanaan PPL masih berada di kotamadya Yogyakarta, yakni di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, yang sementara berpindah di Jl. AM Sangaji No 47 Yogyakarta. Selama praktik di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta berbagai tugas telah diberikan oleh bidang yang saya tempati yaitu bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) diantaranya yaitu Pelayanan mutasi siswa, pembuatan surat tugas, undangan, pengarsipan LPJ bimbel SD-SMP, pengarsiapan UKG online dan lain-lain. Selain itu saya juga mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di Dinas seperti, apel pagi dan senam pagi. Disamping mengerjakan tugas-tugas dari dinas, pekerjaan lain terkait tugas individu yaitu laporan PPL juga menjadi tugas wajib. Program yang dikerjakan yakni mengenai Pemetaan Sebaran Guru SD Tersertifikasi di Kota Yogyakarta Periode 2011-2013. Program Sertifikasi merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan. Selain tugas individu adapaun tugas kelompok PPL yang ditugaskan dari dinas yaitu mencari data C1 dan mencari data mengenai prestadi siswa penerima KMS bagi SMP dan SMA negeri se kota Yogyakarta. Namun karena banyaknya sekolah yang harus diteliti maka dilakukan pembagian dan SMP N 14 Yogyakarta dan SMP N 12 Yogyakarta menjadi sasaran pencarian data. Secara keseluruhan, program kerja terlaksana dengan lancar, meskipun ada beberapa program yang mengalami sedikit hambatan. Meskipun begitu, saya berharap apa yang telah dikerjakan baik dari Dinas maupun tugas PPL nantinya akan memberi manfaat bagi saya maupun orang lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37085

Actions (login required)

View Item View Item