LAPORAN PPL SD N MARGOYASAN Mengembangkan Keterampilan Calon Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalitas Diri

Anasa Kurniati R, Anasa Kurniati R (2014) LAPORAN PPL SD N MARGOYASAN Mengembangkan Keterampilan Calon Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalitas Diri. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_ANASA KURNIATI_11108244108_PGSD_FIP.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

SD Negeri Margoyasan merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali, praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali dan ujian praktik mengajar 2 kali. Kegiatan PPL ini berlangsung dari tanggal 11 Agustus 2014 hingga 2 September 2014. Praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah dan penyusunan program. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Margoyasan berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi dengan kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktik terbimbing, praktik mandiri, profesionalisme bidang pendidikan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37080

Actions (login required)

View Item View Item