LAPORAN PPL INDIVIDU SDN TUKANGAN YOGYAKARTA Pengembangan Kemampuan dan Profesionalitas Diri Dalam Wujud Kontribusi Nyata Bagi Sekolah

A.Budiyanto, A.Budiyanto (2014) LAPORAN PPL INDIVIDU SDN TUKANGAN YOGYAKARTA Pengembangan Kemampuan dan Profesionalitas Diri Dalam Wujud Kontribusi Nyata Bagi Sekolah. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL BUDI FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PPL adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah sebagai wahana dan sarana bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah guna mengukur seberapa besar kemampuannya dalam memenuhi peran sebagai anggota masyarakat. Pada kelompok PPL di sekolah, mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan atau pembangunan sekolah. Dalam hal ini akan tampak peranan mahasiswa sebagai inovator, mediator, problem solver, dan motivator dalam rangka merangsang peningkatan kualitas sekolah, baik secara fisik maupun non fisik. Pelaksanaan PPL di SDN Tukangan dilakukan mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Setelah melakukan observasi dan mengamati kondisi yang ada, mahasiswa praktikan merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama masa PPL. Program tersebut meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), persiapan dan pembuatan media, dan praktik mengajar. Dalam praktik mengajar, mahasiswa melakukan 3 kali praktik mengajar terbimbing, 2 kali praktik mengajar mandiri, dan 2 kali ujian praktik mengajar. Pada dasarnya, seluruh kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya, tetapi hambatan tersebut dapat diatasi berkat bantuan dan kerjasama yang baik dari seluruh rekan mahasiswa serta pihak sekolah. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam hal manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi yang bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37069

Actions (login required)

View Item View Item