LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA Jl. Kalisahak 26 (Komplek Balapan), Sleman, Yogyakarta Telp.: 0274 589162 Disusun oleh: Desi Umi Nurany 11201244012

Desi Umi Nurany, Desi Umi Nurany (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA Jl. Kalisahak 26 (Komplek Balapan), Sleman, Yogyakarta Telp.: 0274 589162 Disusun oleh: Desi Umi Nurany 11201244012. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
coverku.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I laporan fix.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II laporan fix.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III laporan fix.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan universitas yang bertugas menghasilkan tenaga pendidik yang profesional. Untuk melaksanakan tugas tersebut, UNY membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan melalui salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh bagi semua program studi kependidikan. Kegiatan tersebut adalah berupa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta bertujuan untuk mendapatkan pengalaman ketika berada di kondisi yang sesungguhnya. Melalui pengalaman ini, mahasiswa menerapkan keterampilan mereka ketika terjun ke lapangan dengan berbekal teori dari kuliah. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di SMK Perindustrian dilaksanakan mulai dari tahap observasi yang penulis laksanakan pada tanggal 1 dan 7 Maret 2014 sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar yang ditempuh mulai Agustus sampai September 2014. Mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah Bahasa Indonesia. Total jam pelajaran yang diampu penulis selama 1 minggu adalah 8 jam pelajaran dengan frekuensi satu kali tatap muka di empat kelas. Selain mempersiapkan bahan mengajar yang dibutuhkan dan praktik mengajar langsung, mahasiswa juga melaksanakan agenda-agenda sekolah lain. Mahasiswa berpartisipasi dalam pelaksanaan MOPDB, workshop implementasi kurikulum 2013, perayaan HUT sekolah, perayaan HUT RI, pengadaan administrasi perpustakaan, dan piket setiap hari Senin sampai Rabu. Adapun program individu pada pelaksanaan PPL yaitu, pembuatan poster kelas dan pengadaan antalogi cerpen. Kegiatan PPL yang dilaksanakan selama 2,5 bulan tersebut memberi banyak manfaat bagi mahasiswa yaitu menambah pengalaman, ilmu pengetahuan, dan wawasan mengenai proses pembelajaran di sekolah dan bentuk interaksi antarwarga sekolah. Setelah kegiatan PPL selesai, mahasiswa dapat mengimplementasikan segala hal positif yang telah didapatkan selama PPL dengan sebaik mungkin.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL, SMK Perindustrian
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 02:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37032

Actions (login required)

View Item View Item