LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL PERIODE 2014 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

SORAYA MIR’ATUN MISWAH, SORAYA MIR’ATUN MISWAH (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PPL PERIODE 2014 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
awal.docx

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (25kB)
[img] Text
Tatap Muka ke.docx

Download (37kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 01 Juli-17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 6 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 6 Agustus sampai dengan 6 September 2014, dilakukan sebanyak 17 kali pertemuan di kelas XA, XB, XI MM1, dan XI MM2. RPP yang dibuat sebanyak 4 RPP. Pokok bahasan untuk kelas X adalah Sistem Bilangan untuk mata pelajaran Sistem Komputer dan Format Teks Halaman Web untuk mata pelajaran pemrograman web. Sedangkan pokok bahasan untuk kelas XI adalah peralatan input , proses dan output pada computer.nMetode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, diskusi. Media yang digunakan adalah modul , laptop, LCD, dan papan tulis. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik. Hambatan yang ditemui mahasiswa dalam melaksanakan PPL adalah: 1. Dari mahasiswa, kurang menguasai kelas, karena sulit untuk menjangkau tiap siswa ketika di laboratorium computer maupun di ruang teori, 2. Dari siswa, ketidakaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, siswa yang ramai dan cenderung sibuk dengan komputer atau fasilitas lain sehingga kurang memperhatikan materi yang disampaikan. Secara umum, program-program dan kegiatan lain yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Tetapi hal tersebut dapat di atasi dengan adanya bantuan dari berbagai pihak. Mahasiswa berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan sebagai referensi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Muhammadoyah 1 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 02:24
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37020

Actions (login required)

View Item View Item