PELATIHAN PEMBUATAN WEBLOG FOR TEACHING-LEARNING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEB

Suharyanto, M.Pd PELATIHAN PEMBUATAN WEBLOG FOR TEACHING-LEARNING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS WEB. INOTEK.

[img] Text
LAPORAN_HASIL_PPM08.doc

Download (19MB)

Abstract

Abstrak Kegiatan PPM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru IPA di Kota Yogyakarta dalam mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis web. Kegiatan yang dilakukan adalah Pelatihan dan Pendampingan. Pelatihan dilakukan selama satu hari dengan materi: 1) Peningkatan Profesionalisme Guru dalam bidang Pengembangan Media Belajar, 2) Media Pembelajaran Berbasis Web, 3) Membuat Account Member di Wordpress.com., 4) Mengelola Weblog sebagai Media Pembelajaran. Pendampingan dilakukan baik secara online maupun tatap muka. Pendampingan online dilakukan melalui e-mail dan atau weblog sedangkan pendampingan tatap muka dilakukan satu kali bersamaan dengan pengambilan sertifikat kegiatan. Kegiatan Pelatihan pembuatan Weblog for Teaching-Learning Activity telah mampu meningkatkan kemampuan guru-guru IPA di Kota Yogyakarta dalam mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis web. Kegiatan telah berjalan cukup baik namun terdapat beberapa catatan sebagai berikut: 1) Jumlah peserta tidak memenuhi kuato, 2) Kemampuan peserta terlalu heterogen, 3) Kecepatan akses internet di kampus masih belum memadai. Oleh karena itu sebaiknya di masa yang akan datang perlu dipertimbangkan penentuan hari yang tepat dan jumlah sekolah yang diundang perlu dilebihkan dari target, perlu adanya syarat minimal peserta, yaitu memiliki kemampuan dasar komputer dan internet, kampus perlu untuk menambah kecepatan internet agar lebih mempermudah proses pelatihan.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 09 Aug 2012 04:53
Last Modified: 02 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3701

Actions (login required)

View Item View Item