LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PGSD PENJAS PKS DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA Jl. Munggur no.38 Yogyakarta Phone: 0274 550350

UMINI, UMINI (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PGSD PENJAS PKS DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA Jl. Munggur no.38 Yogyakarta Phone: 0274 550350. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
UMINI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan dimulai pada tangal 2 Juli 2014 mahasiswa telah diserahkan kepada SD Negeri Demangan dan kegiatan dimulai dengan observasi ,membuat rencana kegiatan hasil konsultasi antara guru pembimbing,kepala sekolah dan dosen Pembimbing.Kegiatan praktik mengajar dimulai pada tanggal 5 Agustus sampai 14 September 2014 dan masa berakhir PPL pada tanggal 17 September 2014 . Penyusun melakukan praktek mengajar di kelas 1 sampai kelas 1V baik dilapangan maupun dikelas .Pada minggu pertama mengajar kelas 1b materi Tema Diriku /subtema Aku dan teman baruku pembelajaran 1 dan kelas 2b materi Tema 1/subtema Hidup rukun dirumah pembelajaran 1 .Minggu kedua hari Jumat mengajar kelas 4b materi Tema 1/subtema Keberagaman kebudayaan bangsaku pembelajaran 1 dan mengajar kelas 1b materi Tema Diriku/Aku dan teman baruku pembelajaran 2.Minggu ketiga mengajar kelas 1b materi Tema 1/subtema 2 pembelajaran 3 dan mengajar kelas 2a materi Tema Hidup rukun/subtema Hidup rukun dirumahku pembelajaran 1.Minggu keempat mengajar kelas 4a materi Tema Indahnya kebersamaan /subtema Keberagaman kebudayaan bangsaku pembelajaran 2.Untuk minggu kelima mengajar kelas 1b materi Tema Diriku/Aku dan teman baruku pembelajaran 3 dan kelas 1a materi Tema Diriku/subtema 2 pembelajaran 1.Sedangkan pada minggu keenam hari Jumat mengajar kelas 2b Tema Hidup rukun/subtema Hidup rukun dirumahku pembelajaran 3.Selain praktek mengajar juga membantu kegiatan-kegiatan seperti : membantu ruang perpustakaan ,menata ruang uks,membantu memperbaiki administrasi sekolah.Semua kegiatan yang kami lakukan sesuai dengan arahan guru pembimbing dan kepala sekolah . Dalam kegiatan PPL di SD Negeri Demangan Yogyakarta, mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata karena dapat terjun langsung ke sekolah ,berkaitan dengan perencanaan pembelajaran ,administrasi pembelajaran dan pengelolaan kelas .Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing .Kegiatan PPL kami berlangsung dengan aman dan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang menguasai,memahami,dan dapat melaksanakan tugas dengan baik.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 02:11
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37009

Actions (login required)

View Item View Item