LAPORAN PRAKTIK PELAKSANAAN LAPANGAN SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Renni Setya Anggraeni, Renni Setya Anggraeni (2014) LAPORAN PRAKTIK PELAKSANAAN LAPANGAN SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilaksanaakannya PPL: 1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di SMK Negeri 4 Yogyakarta dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa unutk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran. 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah. Dalam pelaksanaan PPL ada beberapa metode atau alur yang harus diikuti yaitu 1) Pengajaran Mikro, 2) Pembekalan PPL, 3) Pelaksanaan PPL, 4) Evaluasi PPL. Selama pelaksanaan PPL ada tahap sebelum hingga selesai seperti Observasi di SMK Negeri 4 Yogyakarta, Rencana Program Kegiatan, Konsultasi Program, Penetapan Program, Pelaksanaan Program hingga Pembuatan Laporan PPL. Pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Yogyakarta selama 2 bulan 17 hari dapat dipetik hasilnya yang berupa praktik mengajar di kelas XI Boga 1 dan XI Boga 4. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia. Dalam satu kali pertemuan dilaksanakan selama 8 jam pelajaran @45 menit (@45x8= 360 menit). Materi yang diajarkan selama PPL adalah Salad Indonesia, Sup dan Soto. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013. Selama pelaksanaan PPL telah terlaksana 5 kali pertemuan dengan 2 teori Salad Indonesia, 2 praktik Salad Indonesia dan 1 teori Sup dan Soto. Pencapaian evaluasi pembelajaran rata-rata mendapat predikat Baik dari ranah Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap. Secara umum pelaksanaan PPL berjalan lancar sesuai harapan, apabila ada hambatan bukan masalah yang berarti.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jul 2016 01:46
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36992

Actions (login required)

View Item View Item