KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

Ristiani, Eriana (2016) KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ERIANA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks berita antara kelompok yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran think pair and share (TPS) dengan kelompok yang mendapatkan pelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran think pair and share (TPS) dan (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran think pair and share (TPS) dalam pembelajaran menulis teks berita. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas model pembelajaran think pair and share (TPS) dan variabel terikat pembelajaran menulis teks berita. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Godean. Sampel yang digunakan adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel acak atau random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu berupa uji normalitas dan uji homogenitas untuk menunjukkan bahwa skor tes awal dan tes akhir berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks berita antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran think pair and share (TPS) dengan siswa yang mendapatkan pelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran think pair and share (TPS). Perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t data tes akhir kemampuan menulis teks berita kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar t 4.834 dengan df 60 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (0,000<0,05). Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa model pembelajaran think pair and share (TPS) efektif dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Negeri Godean. keefektifan model pembelajaran ini dapat dilihat dari hasil uji-t tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen yang menunjukkan nilai t -25.067 dengan df 30 dan Sig. (2-tailed) 0,000 pada taraf kesalahan 5% (0,05) serta terdapat kenaikan skor rerata pada kelompok eksperimen yang jauh lebih besar yaitu 10,03 dari pada kelompok kontrol yang hanya 3,51.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36989

Actions (login required)

View Item View Item