LAYANAN PROGRAM PARENTING DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI PAUD INKLUSI AHSANU AMALA NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Mayora, Putriyani (2016) LAYANAN PROGRAM PARENTING DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI PAUD INKLUSI AHSANU AMALA NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih dalam mengenai: (1) Penerapan layanan program parenting; (2) Media komunikasi yang digunakan dalam layanan program parenting; (3) Peran guru dan orang tua dalam layanan program parenting; (4) Faktor penghambat dalam layanan program parenting; dan (5) Manfaat layanan program parenting. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Jumlah subjek penelitian ini adalah delapan orang yang meliputi dua guru kelas, satu guru pendamping, empat orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, dan satu kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan program parenting yang telah dilaksanakan adalah seminar parenting, pertemuan orang tua dengan guru, dan home visits. (1) Seminar parenting dilaksanakan dengan mendatangkan narasumber seperti dokter dan psikiater dengan tema yang berbeda setiap tahunnya seperti kesehatan dan gizi anak, serta mengenai Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Pertemuan formal orang tua dengan guru dilaksanakan dua kali dalam setahun, dilakukan secara face to face dengan guru pendamping bagi ABK, dan disertai dengan pemberian hasil evaluasi perkembangan dan kemampuan anak. Home visits dilaksanakan secara insidental dengan mengunjungi rumah orang tua; (2) media komunikasi yang digunakan yaitu pertukaran informal, buku penghubung, media sosial, telepon, dokumentasi video dan foto (3) guru dan orang tua memiliki peran untuk berpartisipasi, guru menyampaikan hasil evaluasi perkembangan dan kemampuan anak, dan menjadi pendengar yang baik, sedangkan orang tua harus mampu memberikan penanganan kepada anak; (4) faktor penghambat meliputi kesibukan orang tua, pemanfaatan waktu yang kurang baik, dan kondisi kesehatan orang tua; dan (5) manfaat yang diperoleh yaitu menambah wawasan orang tua mengenai perkembangan anak, menciptakan hubungan yang baik antara orang tua dengan guru, dan meningkatkan rasa percaya diri orang tua dalam menerima kekurangan ABK. Kata kunci: program parenting, pendidikan inklusif, layanan program

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2016 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 09:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36984

Actions (login required)

View Item View Item