KEEFEKTIFAN STRATEGI STUDENT TEAM ACHIEVEMET DEVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRAMBANAN KLATEN

Mahfuzi Ardiyati, Syafira (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI STUDENT TEAM ACHIEVEMET DEVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Syafira M.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Studet Team Achievement Division (STAD) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi STAD pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Prambanan Klaten, (2) menguji keefektifan penggunaan strategi STAD dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Prambanan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Prambanan Klaten berjumlah 200. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Hasilnya ditetapkan Kelas VIII A sebagai kelompok kontrol dan Kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan expert judment. Data dikumpulkan menggunakan tes menulis teks berita. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada program komputer SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, ada perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi STAD dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi STAD. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasil uji-t, yaitu thitung sebesar 2,210, df 35, dan nilai psebesar 0,004 (p<0,05=signifikan). Kedua, strategi STAD terbukti efektif dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Prambanan Klaten. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen, yaitu thitung sebesar 8,564 dengan df sebesar 19 dan p sebesar 0,001 pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Kemudian, gain score rata-rata kelompok kontrol sebesar 6,5 (70,8- 64,3), sedangkan kelompok eksperimen sebesar 10,2 (71,15-60,95).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36975

Actions (login required)

View Item View Item