PENGEMBANGAN BLOG INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP KELAS VII DENGAN MATERI KEGIATAN POKOK EKONOMI

Hidayanta, Wahid (2016) PENGEMBANGAN BLOG INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP KELAS VII DENGAN MATERI KEGIATAN POKOK EKONOMI. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11416241024.swf

Download (5MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan blog sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VII dengan materi kegiatan pokok ekonomi; 2) Mengetahui kelayakan blog dengan materi kegiatan pokok ekonomi sebagai sumber belajar IPS untuk siswa SMP kelas VII berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media, guru IPS SMP serta tanggapan siswa kelas VII. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa blog interaktif yang digunakan sebagai sumber belajar siswa SMP kelas VII. Blog ini dapat diakses dengan alamat www.kelasonlineips.com. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan mengacu model pengembangan dari Borg & Gall. Platform blog yang digunakan adalah CMS (Course Management System) yang diambil dari wordpress. Langkah-langkah pemrograman dilakukan dengan menggunakan langkah yang disediakan wordpres.com dan juga aplikasi notepad++. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Semanu yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Produk blog sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS SMP kelas VII dengan materi kegiatan pokok ekonomi. Tahap yang dilakukan dalam mengembangkan blog sebagai sumber belajar yaitu analisis kebutuhan, identifikasi program, pembuatan flow chart, pembuatan storyboard, pengumpulan bahan, pemrograman, dan finishing; dan 2) Penilaian tentang kelayakan blog sebagai sumber belajar melalui validasi ahli materi, validasi ahli media, guru mata pelajaran IPS, dan ujicoba kepada siswa. Berdasarkan analisis kelayakan media, dapat dinyatakan bahwa seluruh aspek penilaian baik ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran IPS, maupun siswa, semua berkisar pada rerata 3,64 - 4,45 dengan kategori baik – sangat baik, sehingga blog sebagai sumber belajar IPS untuk kelas VII SMP dengan materi kegiatan pokok ekonomi yang telah dikembangkan dinyatakan layak secara materi dan media untuk pembelajaran IPS SMP kelas VII. Kata kunci: sumber belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 22 Jul 2016 01:14
Last Modified: 22 Jul 2016 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36974

Actions (login required)

View Item View Item