IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP DIPONEGORO MAJENANG CILACAP

Damayanti, Berti (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP DIPONEGORO MAJENANG CILACAP. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241052.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai demokrasi yang diimplementasikan dalam pembelajaran IPS di SMP Diponegoro Majenang; 2) Proses pembelajaran IPS yang berorientasi nilai-nilai demokrasi di SMP Diponegoro Majenang; 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan demokrasi dalam pembelajaran IPS di SMP Diponegoro Majenang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2015 - Mei 2016. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru IPS, dan beberapa siswa-siswi SMP Diponegoro Majenang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Nilai-nilai demokrasi yang diimplementasikan dalam pembelajaran IPS di SMP Diponegoro Majenang diantaranya nilai kebebasan, kesetaraan, kebersamaan, sikap saling mempercayai, menyelesaikan permasalahan secara damai, toleransi, dan partisipasi; 2) Implementasi pendidikan demokrasi dalam pembelajaran IPS di SMP Diponegoro Majenang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan memilih metode, materi, dan pemberian pemahaman yang mendukung penanaman nilai demokrasi. Evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi sikap yang dilakukan dengan pengamatan dan berpedoman pada lembar penilaian sikap; 3) Faktor pendukung implementasi pendidikan demokrasi dalam pembelajaran IPS di SMP Diponegoro Majenang diantaranya pengunaan metode pembelajaran yang sesuai, interaksi antara guru dan siswa yang berjalan lancar, pemberian motivasi maupun penghargaan, serta kultur sekolah yang mendukung. Faktor penghambat implementasi pendidikan demokrasi dalam pembelajaran IPS di SMP Diponegoro Majenang diantaranya siswa kurang percaya diri, keseriusan dan motivasi siswa rendah, menggunaan media yang terbatas, dan masih adanya tindakan bullying. Kata kunci: Nilai-Nilai Demokrasi, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 22 Jul 2016 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 09:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36971

Actions (login required)

View Item View Item