KEEFEKTIFAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GODEAN

Islamiyati Mawarsari, Juli (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Juli Islamiyati Mawarsari.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi CIRC pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Godean, (2) menguji keefektifan penggunaan strategi CIRC dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Godean yang berjumlah 192. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan Kelas VIII B sebagai kelompok kontrol dan Kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen. Uji validitas dilakukan oleh expert judment. Pengujian reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program SPSS versi 16.0 dan diperoleh nilai alpha sebesar 0,719. Data dikumpulkan menggunakan tes menulis teks berita. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada program komputer SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi CIRC dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi CIRC. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasil uji-t, yaitu thitung sebesar 2,992, df 62, dan nilai p sebesar 0,004 (p<0,05=signifikan). Kedua, strategi CIRC terbukti efektif dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Godean. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen, yaitu thitung sebesar 20,880 dengan df 31 dan p sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%) serta penghitungan gain score kelompok eksperimen sebesar 3,91 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,72.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36970

Actions (login required)

View Item View Item