KEEFEKTIFAN STRATEGI K-W-L-A (KNOW-WANT-LEARN-AFFECT) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI SISWAKELAS VII SMP NEGERI 1 TEMPEL

Erniyati, Risma (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI K-W-L-A (KNOW-WANT-LEARN-AFFECT) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI SISWAKELAS VII SMP NEGERI 1 TEMPEL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi Risma Erniyati 12201241033.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi K-W-L-A dan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Konvensional. Kedua, menguji keefektifan strategi K-W-L-A dibandingkan dengan strategi konvensional dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempel. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen semu, dan desain penelitian pretest-posttest control group. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi K-W-L-A dan variabel terikat berupa kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih kelas VII B sebagai kelompok kontrol dan VII C sebagai kelompok eksperimen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi dilakukan oleh expert judgement, sedangkan validitas konstruk dilakukan dengan program Iteman. Pengujian reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program Iteman. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada program komputer SPSS versi 22.0 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi K-W-L-A dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi K-W-L-A. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasil uji-t, yaitu t sebesar 5,434, df 62, dan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05=signifikan). Kedua, strategi K-W-L-A terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempel. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t kelompok eksperimen diperoleh t sebesar 23,900, df 31, dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Selain itu, gain score rerata kelompok kontrol sebesar 0,96, sedangkan kelompok eksperimen sebesar 4,41 (KE>KK=efektif).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36968

Actions (login required)

View Item View Item