KETERLIBATAN SISWA (STUDENT ENGAGEMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Bariyah, Ikhtarotul (2016) KETERLIBATAN SISWA (STUDENT ENGAGEMENT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413241004.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pendidikan terutama di tingkat Sekolah Menengah Atas yang menunjukkan keprihatinan. Siswa pada tingkat SMA merupakan remaja yang berada pada masa peralihan, sehingga pada masa tersebut memungkinkan terjadinya penyimpangan. Hal tersebut dapat menimbulkan permasalahan dalam sekolah dan proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas terutama pada siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 1 Pengasih. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa kuat hubungan keterlibatan siswa (student engagement) dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 61 siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 1 Pengasih. Metode yang digunakan yaitu metode korelasi bivariate dan analisis regresi sederhana untuk memperkuat hasil korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk data student engagement, sedangkan prestasi belajar siswa diperoleh dari dokumen atau raport siswa. Kuesioner student engagement terdiri dari 27 butir pertanyaan. Analisis dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS ver. 20 dan kemudian hasil pengolahan disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara student engagement dan prestasi belajar Sosiologi. Hal ini dibuktikan oleh hasil perhitungan korelasi yang menunjukkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh rxy adalah sebesar 0,425 dan rtabel 0,248 pada taraf signifikansi 5%, artinya semakin tinggi tingkat keterlibatan siswa (student engagement) maka semakin tinggi pula prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 1 Pengasih. Berdasarkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,167. Ini berarti 16,7 % prestasi belajar Sosiologi siswa dipengaruhi oleh keterlibatan siswa (student engagement), sedangkan 83,3 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pendidikan, Remaja, Student Engagement, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 22 Jul 2016 01:07
Last Modified: 30 Jan 2019 09:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36967

Actions (login required)

View Item View Item