PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS BERBENTUK LIFT THE FLAP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI BENTUK MUKA BUMI DAN AKTIFITAS PENDUDUK INDONESIA

ARDHANA, WISNU (2016) PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS BERBENTUK LIFT THE FLAP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI BENTUK MUKA BUMI DAN AKTIFITAS PENDUDUK INDONESIA. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI_11416244004.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media grafis berbentuk Lift The Flap Book dengan materi bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia sebagai media pembelajaran IPS SMP kelas VII; dan 2) mengetahui kelayakan Media Grafis Lift The Flap Book berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS, dan tanggapan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) dan mengacu model pengembangan dari Sugiyono. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Prambanan, Klaten. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian validator serta lembar angket untuk uji penggunaan peserta didik dan guru IPS. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) cara menghasilkan Media Grafis Lift The Flap Book dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: a) mengkaji Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), b) merumuskan materi Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk Indonesia, c) merumuskan strategi dan cara pembuatan yang terdiri dari mengumpulkan gambar, menentukan poin materi, membuat brief, d) mendesain menggunakan Corel Draw X7 dan Adobe Photoshop CS 6, e) mencetak menggunakan kertas ivory 210 gram dan Art Paper 150 gram, f) menempel background, g) menjilid dengan sampul hardcover, h) menempel dan merangkai konstruksi Lift Flap, i) validasi dan revisi desain, j) uji penggunaan media oleh guru dan peserta didik, dan k) melakukan penyempurnaan produk, 2) secara umum Media Grafis Lift The Flap Book materi Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk Indonesia dinyatakan layak dengan hasil akhir yaitu a) validasi materi yakni 4,3 dengan kategori “Sangat Baik”, b) validasi media yakni 4,2 dengan kategori “Baik”, c) validasi guru yakni 4,1 dengan kategori “Baik”, d) uji coba terbatas dikategorikan “Baik” dengan rata-rata skor 3,9 serta e) hasil uji coba pemakaian dikategorikan “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 4,4. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Media Grafis Lift The Flap Book materi Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk Indonesia sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Media Grafis Lift The Flap Book, media pembelajaran, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 22 Jul 2016 00:55
Last Modified: 30 Jan 2019 09:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36963

Actions (login required)

View Item View Item