PENINGKATAN PRESTASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE MATA DIKLAT PERHITUNGAN ELEMEN MESIN (PEM) DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Aji Akbar , Aligato (2012) PENINGKATAN PRESTASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE MATA DIKLAT PERHITUNGAN ELEMEN MESIN (PEM) DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (DOcument)
IMPROVEMENT_STUDENT_ACHIEVEMENT_USING_THINK-PAIR-SHARE_LEARNING_MODEL_IN_PERHITUNGAN_ELEMEN_MESIN_(PEM)_COURSE_IN_SMK_N_2_YOGYAKARTA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan model ceramah pada mata diklat Perhitungan Elemen Mesin (2) Mengetahui prestasi manakah yang lebih baik antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (3) Mengetahui minat belajar siswa pada mata diklat Perhitungan Elemen Mesin dengan model pembelajaran Think-Pair-Share. Penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan rancangan randomized control group pretest-posttest. Populasinya adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK N 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010, terdiri dari 6 kelas, 180 siswa. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik random assignment. Sampel terdiri dari 2 kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas lainnya sebagai kelas ekperimen. Teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif, t-test (uji beda antar kelompok). Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa pada mata diklat perhitungan elemen mesin antara siswa yang menggunakan model ceramah (kelas kontrol) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (kelas eksperimen). Nilai rata-rata kelas kontrol dari 53,83 menjadi rata-rata nilai 60,5, sedangkan peningkatan prestasi belajar kelas eksperimen dari rata-rata nilai 48,9 menjadi rata-rata nilai 80,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa thitung posttest lebih besar dari t tabel (7,364 ≥ 2,004). Hal ini berarti peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (kelas eksperimen) lebih baik dari peningkatan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran ceramah (kelas kontrol). Minat belajar siswa pada mata diklat Perhitungan Elemen Mesin (PEM) dengan model pembelajaran Think-Pair-Share termasuk kategori sangat tinggi. sebagian besar responden mempunyai kategori sangat tinggi yaitu 66,7 % atau 18 siswa, dan 9 siswa atau 33,3% mempunyai kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 03 Oct 2012 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3696

Actions (login required)

View Item View Item