HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Kurniawati, Devi (2016) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Devi Kurniawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Srandakan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian ex-post facto dengan bentuk penelitian korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri se-Kecamatan Srandakan. Populasi penelitian ini berjumlah 296 siswa. Sampel berjumlah 170 siswa yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel yang dikaji yaitu efikasi diri dan kemandirian belajar siswa. Data diambil melalui skala efikasi diri dan kemandirian belajar siswa. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan validitas konstruk dengan uji judgement expert dan analisis butir menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha, instrumen efikasi diri memiliki koefisien alpha cronbach sebesar 0,924 dan instrumen kemandirian belajar memiliki koefisien alpha cronbach sebesar 0,923. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Teknik analisis statistik inferensial terdiri atas tahap deskripsi data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Tahap uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Srandakan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Pearson Correlation pada SPSS sebesar 0,706 dan nilai p atau sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga hubungan dapat dinyatakan positif dan signifikan. Kata Kunci: efikasi diri, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:44
Last Modified: 30 Jan 2019 09:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36954

Actions (login required)

View Item View Item