Wulandari, Wita Alfi (2016) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS SISWA KELAS V SD NEGERI BLEBER 1 KECAMATAN PRAMBANAN. S1 thesis, PGSD.
Text
Wita Alfi Wulandari.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) siswa kelas V SD N Bleber I. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian yang digunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Desain tersebut terdiri empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Bleber I. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan angket. Validasi instrumen dilakukan dengan expert judgment. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilakukan dengan menggunakan kartu bernomor dapat meningkatkan minat belajar IPS. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan persentase minat belajar IPS pada setiap siklusnya. Pada Pra tindakan, minat belajar IPS sebesar 14,29 %. Pada siklus I sebesar 67,86% terjadi peningkatan sebesar 53,57%. Pada siklus II sebesar 89,29% terjadi peningkatan sebesar 21,43%. Kata Kunci : minat belajar IPS, pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), SD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 08:40 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36951 |
Actions (login required)
View Item |